Panduan Mengatasi 500 Internal Server Error WordPress

Jul 25, 2022

Domain .id 250.000 IDR/tahun

Pastinya Sobat pernah menjumpai atau mengalami website yang bertuliskan 500 internal server error bukan ?

Error 500 ini merupakan salah satu error yang sering dijumpai terlebih pada WordPress.

Baca juga : Install WP menggunakan WordPress Toolkit

Penyebab HTTP Error 500

Internal server error biasanya terjadi karena hal lain yang berjalan pada server Sobat. Hal ini menyebabkan situs error saat diakses, meskipun Sobat tetap bisa masuk ke admin WordPress.

Beberapa hal yang sering menyebabkan terjadinya Internal Server Error antara lain adalah :

  • Versi PHP tidak sesuai
  • File permission tidak cocok
  • Kerusakan pada file .htaccess
  • Konflik dari plugin yang digunakan
  • Masalah pada PHP Memory Limit

Karena sumber masalahnya bisa berbeda- beda, maka dari itu kita akan memperbaikinya dengan beberapa cara yang berbeda.

Mengatasi HTTP Error 500 :

  • Memeriksa File .htaccess

Saat terjadi Internal Server Error di WordPress, langkah pertama yang harus Sobat lakukan adalah memeriksa apakah terjadi kerusakan pada file .htaccess. Untuk mengaksesnya, login lah ke dalam cPanel hosting Sobat, kemudian masuk ke File Manager >> public html.

Sobat juga bisa masuk dengan akun FTP untuk mengakses file situs Sobat. File .htaccess ini biasanya terletak di lokasi yang sama dengan folder wp-content, wp-admin dan wp-includes.

Setelah menemukan file tersebut, cobalah untuk mengganti nama file tersebut dengan cara klik kanan โ€˜Renameโ€™. Misalnya dengan nama .htaccess_old atau .htaccess_lama.

Di sisi lain, pastikan Sobat sudah login ke WP Admin situs Sobat, dan masuk ke menu Setting >> Permalinks, lalu klik tombol Simpan. Hal ini akan secara otomatis membantu meng- generate file .htaccess baru di server yang sesuai.

Setelah itu coba refresh situs Sobat untuk mengetahui apakah hal ini menyelesaikan masalah Sobat atau tidak. Jika Internal Server Error masih terjadi, silahkan lanjutkan membaca tutorial ini.

  • Meningkatkan Memory Limit PHP

Internal Server Error juga terjadi karena batas memori PHP. Sobat biasanya bisa melihat error ini saat mencoba login ke admin WordPress atau upload gambar di WP-Admin.

Jika error terjadi karena ini, maka yang perlu Sobat lakukan adalah meningkatkan batas memori PHP.

  • Menonaktifkan Semua Plugin

Internal Server Error di situs WordPress juga bisa terjadi karena masalah pada plugin. Mungkin saja ada beberapa error pada script plugin atau fungsi theme yang digunakan.

Untuk mengatasinya, cobalah menonaktifkan semua plugin terlebih dulu. Mengapa di non-aktifkan semua? Untuk memastikan bahwa error terjadi karena salah satu plugin tentunya.

Setelah semua plugin dinonaktifkan, cobalah untuk me- refresh situs Sobat. Jika error tidak terjadi lagi, maka memang plugin yang bermasalah adalah akar permasalahan ini.

Setelah itu, coba lah untuk mengaktifkan plugin satu per satu, dan refresh setiap kali mengaktifkan plugin. Cara ini akan membantu Sobat untuk menemukan plugin mana yang menyebabkan masalah ini.

Penutup

Itulah beberapa cara dalam mengatasi 500 internal server error pada WordPress.
Kode HTTP yang mungkin Sobat temukan ketika Sobat mencoba mengakses sebuah website. Di artikel ini, kami membahas HTTP Error 500 serta bagaimana cara mengatasinya. Semoga panduan ini bisa membantu Sobat mengatasi HTTP error tersebut. Apabila masih mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan dari teknikal support kami, Jangan sungkan untuk menghubungi kami yang siap membantu.

Semoga artikel ini membantu Sobat memperbaiki pesan kesalahan 500 internal server error pada WordPress Sobat ๐Ÿ™‚

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.