Akses Remote Console Server iDRAC

Oct 12, 2022
Hosting Murah

Domain .id 250.000 IDR/tahun

Hi Sob! Pembahasan terakhir dalam Akses Remote Console Server kali ini menggunakan iDRAC

Integrated Dell Remote Access Controller (iDRAC) tool ini digunakan apabila server sobat menggunakan produk DELL, tidak jauh berbeda untuk fungsi dan penggunaan dengan iLO dan IPMIView. iDRAC yaitu dapat memonitoring mulai dari kondisi hardware server, suhu temperatur server dll.

BACA JUGA : Akses Remote Console Server Menggunakan iLO

Hal yang harus diperhatikan ketika akan menggunakan iDRAC ini pastikan terlebih dahulu IP Address untuk iDRAC ini ketika berada pada BIOS Server karena port ethernet sendiri dan untuk IP Address iDRAC tidak sama dengan IP Address server yang terinstal di dalam Server.

Apabila sudah selesai dan sudah dipastikan settingan/konfigurasi pada server untuk iDRAC, sobat bisa mengakses iDRAC ini melalui browser sebagai contoh https:///ipaddress

Setelah itu inputkan username ADMIN serta password ADMIN setelah sobat dapat login muncul peringatan memastikan sobat mengubah kredensial atau username dan password akses iDRAC.

Ketika sobat berhasil masuk ke dalam iDRAC maka akan muncul banyak opsi dan keterangan di menu iDRAC dari mulai Server Health, Server Information dan lainnya.

Bergeser ke menu Power/Thermal disana sobat dapat melihat rincian Power Monitoring, Power Configuration, Voltages, dan Temperature. Terdapat grafik rata-rata watt konsumsi listrik pada server begitu juga dengan rincian status voltages nya.

Apabila pada voltages server terindikasi kurang baik maka akan muncul keterangannya pada menu voltages tersebut.

Begitupun pada menu Temperature terdapat rincian rata-rata temparature pada server dari mulai hari terakhir, bulan terakhir dan tahun terakhir.

Apabila kondisi temperature server kurang baik maka akan muncul juga rincian yang menjelaskan bahwa kondisi temperature pada server sudah tidak bagus.

Sobat dapat mencoba fitur dan menu lainnya pada iDRAC karena pengoperasian dan fungsi hampir sama kurang lebih dengan iLO pada produk HP dan IPMIView pada produk Supermicro.

Demikian bahasan singkat mengenai Akses Remote Console Server Menggunakan iDRAC, Semoga bermanfaat 🙂

0 Comments