Penghapusan fitur Horde di cPanel

Aug 24, 2022
Hosting Murah

Domain .id 250.000 IDR/tahun

Halo Sobat Ant!

cPanel sudah merilis informasi yaitu pada versi cPanel terbaru nanti yakni versi 108. Dimana pada saat versi rilis stable nantinya, fitur aplikasi Horde akan dihapuskan. Semua integrasi Horde sudah tidak lagi didukung pada server cPanel & WHM versi 108.

Baca Juga : Pengecekan dan verifikasi cPanel

Fitur Horde pada cPanel

Horde, merupakan email dimana fiturnya paling lengkap dibandingkan dengan dua email sebelumnya Squirrelmail & Roundcube, Horde memiliki fungsi yang sama dengan Outlook. Horde webmail dilengkapi dengan fitur seperti, task list, notebook, address book, dan banyak lagi. Sistem manajemen e-mail dan support filter yang canggih, attachments, spell checking, dan HTML e-mail yang baik.
Kesimpulanya, untuk pilihan webmail yang akan Sobat gunakan tergantung pada kenyamanan, kebutuhan dan apa fitur atau kegunaan webmail yang Sobat cari. Jika Sobat mengiginkan hal yang sederhana, sebaiknya Sobat memilih Roundcube. Jika Sobat mencari tampilan yang menarik ditambah dengan fitur yang mudah digunakan, sebaiknya Sobat memilih Roundcube.

Mengapa Horde dihapuskan ?

Selain akan difokuskan kepada pengembangan Roundcube, fitur aplikasi Horde ini sudah tidak mendukung PHP Versi 7.4 dan PHP Versi 8.x dan akan berakhir di November 2022.

Bagaimana cara mengubah default webmail & Apa yang menjadi gantinya ?

Pada versi 108 nanti, Horde akan langsung digantikan oleh Roundcube. Tapi Sobat Ant tak perlu khawatir, hal ini tidak berdampak apapun pada email Sobat. Penghapusan fitur Webmail Horde ini tidak akan membuat data email terhapus.

Apabila aplikasi webmail Sobat menggunakan default Horde, maka Sobat dapat mengubahnya dengan cara :

Login webmail > Klik alamat email di sudut kanan atas > Ubah bintang ke Roundcube

Demikian informasi terkait penghapusan fitur Horde di cPanel yang akan berakhir pada November 2022, semoga artikel ini bermanfaat.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.