Pengecekan dan verifikasi lisensi cPanel

Domain .id 250.000 IDR/tahun

Halo Sobat Antmediahost

Pada tutorial kali ini kita akan membahas cara pengecekan dan verifikasi lisensi cPanel.

Seperti kita ketahui bersama bahwa cPanel dan WHM adalah kontrol panel terkemuka nomor satu dalam dunia web hosting, karena banyak digunakan dan mudah dalam pengoperasiannya sehingga lebih “user friendly”.
Dalam prosesnya cPanel ini menyediakan Free Trial selama 15 hari, setelah proses tersebut maka Sobat diharuskan menggunakan lisensi cPanel yang berbayar dengan biaya yang variatif dan berbagai pilihan paket lisensi cPanel tentunya.

Jangan khawatir AntMediHost menyediakan layanan lisensi cPanel murah dengan paket yang lengkap dan bisa Sobat cek pada url berikut : https://www.antmediahost.com/service/license-cpanel-murah/

Apabila Sobat saat ini sudah menggunakan lisensi cPanel berbayar dan mengalami kendala pada lisensi cPanel dengan memunculkan error :

“Invalid License error for cPanel”.

Sebelum melakukan pengecekan penyebab error tersebut muncul, baiknya Sobat cek terlebih dahulu apakah lisensi cPanel sudah aktif dan terverifikasi. Silahkan Sobat coba akses url berikut ini : http://verify.cpanel.net

Mengapa lisensi cPanel saya gagal ?

  1. Penyedia lisensi cPanel belum memperbaharui lisensi cPanel pada sistem yang terdapat di sisi penyedia dan Sobat bisa konfirmasi kepada penyedia layanan lisensi cPanelnya.
  2. Silahkan dicek dan dipastikan dari sisi firewall sobat apakah terdapat pemblokiran atau tidak terhadap lisensi cpanelnya.

Setelah Sobat sudah melakukan pengecekan dan verifikasi lisensi cPanelnya, silahkan ikuti atau dicoba langkah-langkah untuk mengatasi error pada lisensi cPanelnya :

  1. Login ke dalam server menggunakan ssh
  2. Dipastikan untuk port 80 terbuka pada server
  3. Pastikan nama host server Anda adalah Fully Qualified Domain Name (FQDN).
  4. disable firewall CSF jika Anda menggunakannya : csf -x
  5. Jalankan perintah cpkeyclt : /usr/local/cpanel/cpkeyclt

Setelah langkah-langkah tersebut sudah Sobat coba, seharusnya lisensi cPanel sudah berfungsi kembali.

Tetapi jika sudah dijalankan perintah : /usr/local/cpanel/cpkeyclt dan gagal, pertama-tama pastikan server lisensi menyelesaikannya dengan baik. Untuk menguji terhadap server lisensi cPanel Sobat dapat menjalankan perintah ini :
host auth.cpanel.net

Setelah itu silahkan Sobat cek menggunakan curl, dengan perintah berikut :
curl -L http://cpanel.net/showip.cgi

atau Sobat bisa juga melakukan pengecekan menggunakan lynx, dengan perintah berikut :
lynx -dump http://cpanel.net/showip.cgi

Output dari pengecekan menggunakan curl dan lynx adalah alamat IP server, Apabila IP sudah sesuai dengan yang di daftarkan lisensi cPanelnya maka lisensi cPanel sudah befungsi kembali. Namun apabila IP yang muncul tidak sama dengan IP yang didaftarkan untuk layanan cPanelnya silahkan di informasikan atau meminta bantuan kepada pihak penyedia layanan lisensi cPanel untuk di update IP layanan lisensi cPanelnya.

Demikianlah bahasan untuk tutorial pengcekan dan verifikasi lisensi cPanel ini.
Semoga bermanfaat.

0 Comments