Cara Mempercepat cPanel Dengan NGINX Cache

Sep 7, 2022
Hosting Murah

Domain .id 250.000 IDR/tahun

Dengan diperkenalkannya caching NGINX di cPanel & WHM, server dapat dengan cepat menerapkan caching sisi server ke semua pengguna atau user karena secara signifikan meningkatkan kinerja website secara keseluruhan.

Nih sob kita jelaskan ditutorial kali ini mengenai cara mempercepat cPanel dengan menggunakan metode NGINX Cache.

Baca Juga : Penghapusan fitur Horde di cPanel

Pasti bertanya-tanya dong, apa itu Cache ?

Caching bertujuan untuk membuat pencarian informasi lebih cepat dan pada browser umumnya menyimpan file statis dari situs yang sobat kunjungi, alih-alih mengambilnya dari server yang jauh berulang kali. Dan itulah mengapa server web menyimpan halaman HTML di memori atau di disk alih-alih membuatnya secara dinamis setiap kali diminta.

Caching umumnya terdapat beberapa tingkatan umum yang sering digunakan, berikut adalah beberapa contohnya :

  • Client-side caching : mengacu pada berbagai resource cache yang dikelola oleh browser web dan sistem operasi sobat.
  • Content distribution networks (CDN) : cache aset pada halaman web di server yang lebih dekat dengan pengguna daripada server hosting utama.
  • Server-side caching : menyimpan halaman web yang dihasilkan secara dinamis di server.

Salah satu CMS seperti WordPress menghasilkan halaman secara dinamis untuk setiap permintaan, tetapi itu sia-sia ketika setiap pengguna mendapatkan HTML yang sama.

Caching dengan NGINX

NGINX adalah web server, reverse proxy, and HTTP cache. ini dapat digunakan sebagai pengganti Web Server dalam beberapa skenario, seperti yang dijelaskan di NGINX Standalone. Tetapi juga dapat digunakan sebagai proxy dan reverse cache sisi server untuk mempercepat akses web secara dinamis yang dilayani oleh Apache.

NGINX disebut reverse proxy karena memediasi akses ke satu atau lebih server web, contohnya adalah ketika sobat mengakses salah satu website maka hal tersebut tidak langsung terhubung ke server melainkan melalui NGINX terlebih dahulu apabila pada server yang digunakan website tersebut sudah menggunakan metode Cache NGINX.

Metode ini bermanfaat contohnya adalah :

  1. NGINX melihat semua yang dikirim server web ke internet, memungkinkannya untuk menyimpan halaman web dalam cache.
  2. Mencegah koneksi langsung ke server dimana pada akhirnya metode cache yang akan melakukan tugasnya menerukan ke server.

Sebelumnya hal ini sulit dilakukan menggunakan NGINX sebagai cache pada server yang menggunakan cPanel, namun dengan adanya pengembangan dan dukungan dari pihak NGINX maka penerapan NGINX Cache bisa digunakan pada server yang menggunakan cPanel dan semua menjadi mudah dikelola.

Caching Sisi Server dengan cPanel dan NGINX

Dalam rilisnya penggunaan caching NGINX pada cPanel & WHM Versi 96 terdapat antarmuka NGINX Manager yang dapat difungsikan untuk dapat menginstall caching NGINX dengan satu klik saja.

NGINX Manager juga memungkinkan administrator untuk mengaktifkan atau menonaktifkan caching NGINX secara global dan per pengguna.

NGINX Caching untuk cPanel & WHM Versi 94

Pengguna cPanel dan WHM Versi 94 dan versi cPanel lainnya yang didukung juga dapat memanfaatkan caching NGINX. Untuk mengaktifkannya, Sobat perlu :

  • Akses ke akun root server.
  • Akses ke WHM dengan EasyApache 4 yang sudah terinstall.

Pilih EasyApache 4 dari menu sidebar WHM. Klik tombol sesuaikan di paket yang saat ini diinstal :

Kemudian Klik Paket Tambahan, dan aktifkan button di sebelah NGINXKemudian Klik Paket Tambahan, dan aktifkan button di sebelah NGINX.

Klik Berikutnya di bagian bawah halaman. Di halaman berikutnya, gulir ke bawah dan klik Provision.

WHM akan menginstal dan mengkonfigurasi NGINX, yang menggantikan Apache pada port HTTP default. Dan juga mengkonfigurasi ulang Apache untuk menggunakan port non-standar, biasanya 81 dan 444. Terakhir, mengaktifkan caching NGINX untuk semua akun yang ada di cPanel.

Untuk mengkonfigurasi pengaturan cache NGINX, berikut adalah baris perintah yang disebut ea-nginx dengan fungsi yang sama seperti NGINX Manager, Sobat dapat menggunakan ea-nginx untuk menambah dan menghapus penggunaan NGINX, mengkonfigurasi cache pengguna dan sistem, dan menghapus cache NGNIX.

Misalnya, untuk mengaktifkan caching NGINX untuk pengguna, perintahnya adalah :

/usr/local/cpanel/scripts/ea-nginx cache username – enable

Sobat juga bisa melihat dokumentasi ea-nginx untuk informasi lebih lanjut.

Akses webiste lebih cepat dengan cPanel dan NGINX Caching ? Pastinya!!!

Jika Sobat bertanya-tanya apakah NGINX caching adalah pilihan yang tepat untuk server Sobat ? jawabannya hampir pasti Betul.

Demikianlah informasi mengenai cara Mempercepat cPanel dengan NGINX Cache, semoga artikel ini bermanfaat.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.