Informasi Penting Project CentOS

Informasi Penting Project CentOS
December 12, 2020 Informasi

Berikut ini kami sampaikan pengumuman penting dari pihak cPanel mengenai Project CentOS.

Project CentOS baru-baru ini mengumumkan beberapa perubahan signifikan pada roadmap yang dapat memengaruhi strategi penyebaran infrastruktur Anda saat ini dan di masa depan. Perubahan ini dirinci dalam posting blog mereka di sini : https://blog.centos.org/2020/12/future-is-centos-stream/

Project CentOS mengumumkan perubahan berikut pada roadmap mereka :

  • * Project CentOS mempercepat tanggal akhir masa pakai untuk CentOS 8. Tidak ada pembaruan sistem operasi lebih lanjut yang akan tersedia setelah 31 Desember 2021.
  • * Project CentOS mengumumkan bahwa CentOS 8 akan berubah menjadi cabang hulu (pengembangan) dari Red Hat Enterprise Linux yang disebut CentOS Stream, di mana versi CentOS sebelumnya adalah bagian dari cabang stabil. Praktik terbaik saat ini menunjukkan bahwa CentOS Stream tidak dimaksudkan untuk digunakan di lingkungan produksi.
  • * Siklus hidup CentOS 7 tetap tidak berubah, Pembaruan dan patch keamanan akan terus tersedia hingga 30 Juni 2024. Waktu siklus hidup dapat berubah.

Menyusul pengumuman oleh Project CentOS ini, cPanel akan melanjutkan dukungan untuk CentOS 8, termasuk dukungan untuk fork yang baru diumumkan dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL) 8, dan cPanel akan mempercepat investasi dalam upaya pengembangan cPanel untuk mendukung sistem operasi tambahan :

  1. cPanel mempercepat dukungan untuk cPanel di Ubuntu LTS. Inisiatif untuk mendukung cPanel di Ubuntu LTS sedang berlangsung, dan cPanel berharap dapat memberikan versi siap produksi pada akhir 2021.
  2. cPanel akan melanjutkan upaya pengembangan di cPanel untuk mendukung CentOS 8. Ketika CentOS 8 dipindahkan ke End-of-Life pada 31 Desember 2021, Anda dapat mentransisikan penerapan CentOS 8 Anda untuk mendapatkan pembaruan dari pihak ketiga yang akan memperpanjang umur CentOS 8 sampai 2029; ini mencerminkan peta jalan siklus hidup RHEL 8. cPanel telah membuat komitmen untuk mendukung fork RHEL 8 yang baru saja diumumkan oleh CloudLinux. Informasi lebih lanjut tersedia di sini : https://blog.cloudlinux.com/announcing-open-sourced-community-driven-rhel-fork-by-cloudlinux.
  3. cPanel akan mendukung CloudLinux OS 8. Sistem operasi tambahan yang didukung ini menyediakan jalur peningkatan untuk pelanggan dengan penerapan CloudLinux 6 atau 7. Selain itu, CloudLinux adalah sistem operasi lain yang didukung secara komersial yang diuntungkan oleh banyak mitra cPanel. CloudLinux mencakup banyak fitur lanjutan seperti peningkatan batasan sumber daya pengguna, peningkatan visibilitas pengguna, dan isolasi pelanggan tingkat lanjut. Informasi lebih lanjut tentang CloudLinux OS dapat ditemukan di sini : https://blog.cloudlinux.com/announcing-open-sourced-community-driven-rhel-fork-by-cloudlinux.
  4. cPanel tidak akan mendukung CentOS Stream.
  5. cPanel akan terus mendukung CentOS 7 sampai dengan End-of-Life yang dijadwalkan pada 30 Juni 2024.

Jika Anda memanfaatkan CentOS 6 dan ingin memperluas dukungan untuk sistem operasi tersebut, tersedia opsi siklus hidup yang diperpanjang dari CloudLinux yang cPanel dukung dan tersedia di Kelola2. Informasi lebih lanjut tersedia di sini : https://cpanel.net/extensions/.

Meskipun pengumuman Project CentOS mengganggu, cPanel berkomitmen untuk mendukung Anda, bisnis Anda, dan pelanggan Anda. cPanel akan memberi Anda pembaruan tepat waktu terhadap cPanel di CentOS 8, CloudLinux 8, dan Ubuntu LTS. Informasi ini dapat dilihat pula pada blog cPanel di url : https://www.antmediahost.com/informasi-penting-project-centos/

Demikian informasi ini cPanel sampaikan, semoga bermanfaat.

sumber : https://blog.cpanel.com/centos-8-end-of-life-announcement/