Cara Install Almalinux

Cara Install Almalinux

Halo Sobat AntMediaHost,

Apakah sobat tahu bahwa CloudLinux baru saja merilis AlmaLinux, OS alternatif dari CentOS ?
AlmaLinux awalnya merupakan projek dari RedHat Linux Enterprise (RHEL) yang dimulai saat RedHat mengumumkan untuk mengalihkan waktu dan fokusnya dari CentOS Linux ke CentOS Stream. Saat ini AlmaLinux yang didukung dan sudah diambil alih oleh CloudLinux inc.

Di balik rilis Alma adalah untuk berfungsi sebagai pengganti CentOS yang layak pada saat peralihannya dari sistem operasi yang stabil untuk perusahaan ke cabang pengembangan hulu RHEL. Pengguna bahkan dapat beralih dari CentOS ke AlmaLinux hanya dengan satu perintah yang akan menukar repositori dan kunci.

Fungsi AlmaLinux sangat mirip dengan RHEL, tetapi sepenuhnya gratis. Ini dipasarkan ke pengguna dan perusahaan yang membutuhkan stabilitas tingkat perusahaan dalam sistem operasi seperti Fedora. Dengan kata lain, perusahaan yang ingin menggunakan Red Hat tetapi tidak ingin membayar biaya berlangganan dan/atau tidak memerlukan dukungan teknis dapat menggunakan AlmaLinux untuk mengisi kekosongan tersebut.

 

AlmaLinux OS adalah open-source, sistem operasi Linux berbasis komunitas yang mengisi celah yang ditinggalkan oleh penghentian rilis stabil CentOS Linux. AlmaLinux OS adalah fork kompatibel biner 1:1 dari RHEL®.

Cara Download & Install AlmaLinux :

Sobat bisa menggunakan ISO booting dan juga perlu mengkonfigurasi sumber instalasi (repo AlmaLinux) dan koneksi internet, berikut ini adalah proses untuk downdload Almalinux nya :

– Buka halaman download AlmaLinux disini, Pilih versi instalasi ISO yang Anda butuhkan.
Ada 3 pilihan instalasi ISO images yang tersedia: Boot iso, Minimal iso, & DVD iso.

  1. Boot iso adalah CD image instalasi dalam jaringan tunggal yang mengunduh semua data yang ada di dalamnya melalui Internet.
  2. Minimal iso memungkinkan Anda untuk mengunduh DVD image berisi file instalasi agar bisa melakukan instalasi secara offline.
  3. DVD iso adalah file DVD image yang berisi semua file instalasi yang dibutuhkan.

Dan untuk proses installasi Almalinux silahkan sobat mengikuti proses dan langkah-langkah instalasi yang disediakan karena Almalinux hampir 99% mirip atau hampir sama dengan Centos.

Selamat mencoba.