WordPress Toolkit Pada cPanel

by | Sep 28, 2022

WordPress Toolkit Pada cPanel

Tahukah Anda, jika cPanel telah menghadirkan fitur WordPress Toolkit? Dengan adanya fitur ini, mengelola CMS WordPress di hosting menjadi lebih mudah dan efisien. Anda tidak perlu lagi pusing-pusing mengelola satu-persatu website yang dibuat. Dengan fitur WordPress Toolkit, Anda bisa mengelola beberapa website dalam satu interface.

Artikel ini akan membedah lebih detail fitur WordPress Toolkit di cPanel Berikut informasi selengkapnya.

Apa Itu WordPress Toolkit

WordPress Toolkit adalah sebuah tools interface yang berfungsi untuk mengelola CMS WordPress. Pada fitur ini, Anda bisa melakukan instalasi, konfigurasi, update, kelola theme dan plugin, melakukan backup hingga konfigurasi keamanan. Tidak hanya satu website, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa website sekaligus, menjadikannya lebih praktis dan menghemat waktu untuk mengelola CMS WordPress.

Mengenal Fitur WordPress Toolkit cPanel

cPanel melengkapi WordPress Toolkit dengan berbagai fitur seperti instalasi, kelola theme dan plugin, backup data, cloning website hingga staging. Berikut adalah beberapa fitur andalan dari WP Toolkit :

1. Instalasi

Hanya dengan dua kali klik, Anda sudah bisa membuat website dengan WordPress. Proses instalasinya pun sangat mudah, cukup klik tombol instalasi, lalu sesuaikan data website Anda dan klik “install” untuk menyelesaikannya. Sangat mudah dan praktis.

2. Keamanan

WordPress Toolkit secara otomatis menerapkan semua langkah keamanan penting, pada saat Anda melakukan instalasi WordPress melalui fitur ini. Seperti restricts access to files dan direktori, menggunakan user dan password yang kuat hingga block directory browsing. Namun, bagi anda yang terbiasa melakukannya secara manual melalui fitur WordPress security, hal ini tetap dapat anda lakukan.

Baca Juga:  Panduan DNS server error already exists previous

3. Kelola Theme Dan Plugin

Jika sebelumnya instalasi theme dan plugin harus dilakukan dari panel dashboard admin WordPress, kini hal tersebut bisa dilakukan hanya dengan melalui WordPress Toolkit. Tidak hanya install, Anda juga bisa meng-upload, menghapus, meng-update hingga mengubah status plugin dan theme-nya sesuai dengan kebutuhan.

4. Backup Dan Restore

WordPress Toolkit dilengkapi dengan fitur backup dan restore, sehingga akan memudahkan proses pembuatan backup pada website. Dengan fitur ini, keamanan website Anda akan lebih terjaga dari kendala error pada website hingga tidak sengaja melakukan penghapusan data di dalam website.

5. Clone

Fitur ini memungkinkan Anda memiliki beberapa website dengan domain yang berbeda. Anda bisa melakukan cloning, dari satu domain ke domain atau subdomain yang lainnya secara praktis.

6. Staging

Fitur staging digunakan untuk melakukan perubahan desain pada website tanpa harus mengubah tampilan utama yang sedang berjalan. Setelah pembuatan web staging selesai, Anda bisa melakukan push di domain utama agar tampilan website-nya menyesuaikan dengan web staging yang telah dibuat. 

Untuk informasi lebih lengkap and bisa mengunjungi halaman berikut : WordPress Toolkit cPanel

Versi WordPress Toolkit

cPanel membedakan WordPress Toolkit menjadi dua, yaitu Lite (gratis) dan Deluxe (berbayar). Keduanya memiliki perbedaan dari sisi fitur. Berikut penjabarannya: 

FeatureLiteDeluxe
Customizable Installation
Manage Existing Installations
Website Dashboard
1-Click Login
Change Admin Password
Change DB Password
Open DB in phpMyAdmin
Backups
Manual Updates
Manage Plugins and Themes
Upload Plugins and Themes
Logs
WordPress Integrity Check
Plugin and Theme Sets
Automatic Updates (Single Site)
Maintenance Mode
Debug Management
Password Protection
Search Engine Indexing Management
Staging and Cloning
1-Click Hardening
Automatic Hardening
Multiple Hardening
Security Rollback
Mass Site Management
Smart Updates
Fitur WordPress Toolkit

Untuk tata cara penggunaannya silahkan kunjungi halaman berikut : Cara Install WordPress Menggunakan WordPress Toolkit.

Demikian ulasan mengenai WordPress Toolkit dan fitur-fitur yang ditawarkan. Semoga dengan hadirnya fitur ini, semakin memudahkan Anda dalam mengelola CMS WordPress di hosting AntMediaHost.

Zivana Latisha
Zivana Latisha

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *