PHP Web Base IMAPSYNC Email Migrate

by | Jan 2, 2024

PHP Web Base IMAPSYNC Email Migrate

Hallo Sobat ant, kali ini kami team ant akan share tools sederhana yang dapat membantu kamu untuk migrasi email akun yang menggunakan panel berbeda, dalam kasus kali ini kami akan migrate email dari Zimbra ke cPanel.

Imapsync adalah tools command line yang biasa digunakan untuk melakukan imap service antar dua server berbeda. Biasanya tools ini digunakan untuk migrasi email dari satu server keserver lain dengan control panel yang berbeda.

Umunnya karena semua proses dilakukan melalui command line, maka harus dilakukan oleh sysadmin. Maka kali ini kami membuat script sederhana agar user dapat melakukan prosesnya sendiri.

1. Install imapsync

Pertama-tama teman-teman siapkan dahulu imapsync, pastikan sudah terinstall diserver tujuan. Imapsync available di  EPEL package repository, oleh karena itu kita install dahulu :

dnf -y install epel*

setelahnya kita bisa mulai install imapsync dengan cmd :

dnf -y install imapsync

2. Buat email akun diserver baru

Jika proses installasi imapsync selesai, selanjutnya adalah membuat email akun yang sama persis dengan email akun diserver lama. Kali ini kami menggunakan cPanel, silahkan teman-teman baca cara membuat email pada cPanel yang ada pada blog kami ini.

Jika proses installasi imapsync selesai, di tahap ini pada dasarnya sebagai system administrator sudah dapat melakukan migrasi hanya saja melalui command line. Karena yang kita butuhkan adalah username dan password email dari masing-masing server, baik server lama maupun server baru.

Baca Juga:  Menggunakan Fitur Backup Pada cPanel

Untuk dapat menggunakan web base interface, silahkan teman-teman registrasi dan download secara gratis di https://my.antmedia.id/index.php?rp=/download/category/12/Script.html

Berikut interface dan beberapa penjelasan terkait web base tersebut :

Halaman ini merupakan form agar user dapat proses migrate email secara mandiri

  • Zimba host (server lama) adalah hostname atau server dimana email server lama akan di migrasi, kami bisa menggunakan hostname server ataupun mx yang digunakan sebelumnya
  • Zimba user adalah email akun pada server lama yang ditulis lengkap
  • Zimba password adalah password email pada server lama
  • cPanel host (server baru) adalah hostname atau server baru
  • cPanel email adalah email akun pada server baru (cPanel) yang dituliskan secara lengkap
  • cPanel email password adalah password email diserver cpanel, pada password ini bisa jadi sama dengan server lama ataupun bisa berbeda, tergantung saat teman-teman membuat email di cPanel

Jika semua form sudah di isi, teman-teman bisa langsung klik tombol Submit untuk memulai proses sync email. Saat proses sync akan ada muncul page yang menginformasikan bahwa proses running background, dan secara otomatis redirect ke page logs monitoring

Seluruh source code yang ada dapat teman-teman modifikasi sesuai kebutuhan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat

Jurmansyah
Jurmansyah

Sementara Biarlah Begini

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *