Panduan Setting CDN Quic Cloud Di WordPress

Dec 15, 2022
Hosting Murah

Domain .id 250.000 IDR/tahun

Quic Cloud CDN belakangan ini mulai banyak digunakan oleh pemilik website, Menggunakan HTTP/3 dengan QUIC sebagai protokol transfer, QUIC.cloud akan membuat situs web Anda lebih cepat dan lebih aman.

QUIC.cloud CDN terintegrasi dengan solusi LiteSpeed caching yang sangat dapat disesuaikan untuk WordPress.
QUIC.cloud CDN adalah jaringan pengiriman konten yang mampu melayani puluhan ribu permintaan simultan, melalui jaringan node yang didistribusikan secara strategis di seluruh dunia. QUIC.cloud mendukung HTTP/3 dan fitur keamanan WordPress yang penting. Dan, tidak seperti CDN lainnya, QUIC.cloud bermitra dengan LiteSpeed Cache untuk menyajikan konten WordPress statis dan dinamis.Namun untuk saat ini QUIC.cloud baru tersedia bagi pengguna WordPress.

Kelebihan Menggunakan Quic Cloud CDN ?

  1. Mempercepat Akses Website
  2. Kompatibel Dengan Berbagai macam Web Server
  3. Memiliki Proteksi Keamanan Yang Lengkap
  4. Terenkripsi SSL
  5. Cakupan Global QUIC.cloud

BACA JUGA : Panduan cPanel Manual MX

Tanpa bertele-tele dan berlama-lama, yuk disimak tutorialnya!

Penting!!!

Pastikan WordPress sobat sudah terinstall plugin LiteSpeed Cache

Cara Setting Quic Cloud CDN di WordPress

1.Request Domain Key

Domain key merupakan kode khusus domain kamu yang secara otomatis bisa diintegrasikan ke QUIC.cloud.
Setelah login ke dalam dashboard wordpress, pilih atau buka bagian plugin LiteSpeed Cache , lalu pilih menu General dan klik Request Domain Key seperti gambar berikut :

Setelah menunggu beberapa saat, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa request domain key telah dibuat.

2.Hubungkan WordPress ke QUIC.cloud

Langkah selanjutnya menghubungkan WordPress ke QUIC.cloud, Setelah mengklik pilihan Link to QUIC.cloud. Sobat akan dibawa ke halaman login/signup QUIC.cloud.
ikuti petunjuk pada halaman tersebut, masukkan email lalu sign up untuk mendaftar atau apabila sudah memiliki akun maka silakan langsung login.

Setelah berhasil masuk, secara otomatis kembali ke dashboard WordPress dimana sobat dapat melihat perubahan status dari sebelumnya Link to QUIC.cloud menjadi Visit My Dashboard on QUIC.cloud.

Pada tahap ini, Anda sudah bisa menikmati beberapa fitur seperti Image Optimization, Page Optimization dan LQIP. Namun, service CDN belum aktif dengan status disabled.

3.Setting/Enable CDN

Pertama yang harus sobat lakukan adalah enable CDN pada dashboard wordpress di menu Litespeed Cache > Plugin LiteSpeed Cache > pilih menu CDN > pilih opsi QUIC.cloud CDN menjadi ON > Save Changes.

Kembali ke dashboard QUIC.cloud > pilih domain yang akan diaktifkan CDN-nya.

Kemudian pilih Enable CDN

Pada step berikutnya setelah dipilih Enable CDN maka sobat akan diminta untuk menambahkan CNAME Record ke domain kamu sesuai CNAME yang ditampilkan. Untuk setting CNAME Record, sobat bisa masuk ke panel DNS Zone. Apabila hosting menggunakan cpanel dapat diproses pada menu : Zone Editor.

Setelah selesai menambahkan CNAME Record, ditunggu proses propagasi DNS dengan estimasi 1×24 jam.

4.Verifikasi DNS

Jika sobat sudah selesai menambahkan CNAME Record pada Zone Editor, kembali ke dashboard QUIC.cloud dan melakukan verifikasi. Caranya melalui DNS status.
Biasanya, proses verifikasi sobat akan berada dalam masa tunggu. Bisa jadi hitungan menit jika website Anda memiliki sertifikat SSL. Namun, bisa jadi 1 x 24 jam jika tidak punya.

Selanjutnya silahkan sobat tunggu hingga verifikasi berhasil dan sampai dengan Verifikasi DNS telah berhasil.

Bagaiama sob, tidak perlu rumit dan sulit bukan untuk Setting CDN QUIC.cloud ?

Demikian lah cara Setting CDN QUIC.cloud Pada LitespeedCahce Plugin WordPress, Semoga membantu 🙂

0 Comments