Panduan Generate CSR di CentOS/AlmaLinux

Jun 7, 2022

Domain .id 250.000 IDR/tahun

Sobat bingung ketika akan melakukan generate CSR karena server sobat tidak menggunakan panel ?

Berikut adalah panduan dari kami cara agar Sobat tetap bisa mendapatkan CSR untuk SSL meskipun server Sobat tidak menggunakan Panel.

Baca juga : Cara Install SSL Hostname

Panduan ini akan memandu Sobat memulai langkah-langkah untuk membuat CSR melalui SSH Server, Sertifikat SSL adalah sarana standar industri untuk mengamankan lalu lintas web ke dan dari server Sobat, dan langkah pertama untuk mendapatkan SSL Sobat adalah dengan membuat CSR. Panduan ini ditulis khusus untuk CentOS atau AlmaLinux.

1. Login/Masuk ke server menggunakan SSH
2.Silahkan jalankan baris perintah berikut : openssl req -new -newkey rsa:2048 -nodes -keyout mydomain.key -out mydomain.csr

Catatan :
Ganti mydomain dengan nama domain Sobat yang aktif/digunakan.

3.Sobat akan diminta untuk menjawab dan mengisi serangkaian pertanyaan, Berikut ini adalah rinciannya :

  • Country Name – Ini adalah singkatan dua huruf untuk negara Sobat. Sebagai contoh adalah : Indonesia would be IDN.
  • State or Province Name – Ini adalah nama Provinsi tempat organisasi Sobat beroperasi. Sebagai contoh : “Jakarta” atau “Jawa Barat”.
  • Locality Name – Nama kota tempat organisasi Sobat beroperasi. Contohnya mungkin termasuk “Jakarta Pusat” atau “Bekasi”. Jangan gunakan singkatan dalam bidang ini, sebagai contoh : Jakpus/Jaksel.
  • Organization Name – Nama organisasi Sobat. Jika Sobat adalah bergerak dalam bidang bisnis, penggunaan harus menggunakan nama resmi Sobat yaitu menggunakan PT atau CV, Jika Sobat sebagai individu, maka Sobat bisa menggunakan nama lengkap Sobat sebagai gantinya.
  • Organizational Unit Name – Untuk isian ini, Sobat dapat memasukkan nama “Doing Business As” (DBA) Sobat. Sebagai alternatif, Sobat dapat menggunakan nama departemen di sini, Misalnya “Departemen IT” atau “Admin Web”.
  • Common Name – Nama domain tempat yang Sobat daftarkan yang sudah aktif dimana domain tersebut akan menggunakan sertifikat SSL. Ini harus nama domain yang sepenuhnya memenuhi syarat (FQDN). Contohnya mungkin domainsaya.com

Penting!!!
Jika Sobat akan menggunakan sertifikat SSL wildcard, Sobat harus memasukkan tanda bintang untuk dapat digunakan pada subdomain. Sebagai contohnya adalah *.domainsaya.com. Jangan pernah menyertakan “http://”, “https://”, atau karakter khusus lainnya di kolom ini. Jangan pernah menyertakan teks setelah domain tingkat atas di akhir. Misalnya, nama umum Sobat harus diakhiri dengan .com, .net, (atau ekstensi apa pun selama domain tersebut aktif)

  • Email Address – Alamat email yang digunakan sebagai kontak untuk domain Sobat. Pastikan alamatnya valid!
  • A challenge password – Kata sandi opsional untuk lebih mengamankan sertifikat Sobat. Pastikan untuk mengingat kata sandi ini jika Sobat memilih untuk menggunakannya. Panjangnya harus minimal 4 karakter. Sobat dapat melewati langkah ini jika Sobat mau.
  • An optional company name – Langkah opsional lainnya. Isi nama perusahaan Sobat jika Sobat mau. Ini tidak diperlukan untuk sertifikat SSL web

4.Dan setelah melewati langkah diatas maka CSR sudah berhasil dibuat pada server.

Sobat juga dapat menyesuaikan tipe webserver yang digunakan untuk mendapatkan CSR pada server

Mencari CSR yang sudah dibuat/tergenerate pada server

Sobat dapat menjalankan baris perintah berikut untuk dapat melakukan pengeceken CSR yang sudah dibuat pada server :

cat mydomain.csr

Catatan : Domain silahkan disesuaikan dengan domain Sobat gunakan

Kemudian nantinya akan muncul rincian sebagai berikut :

-----BEGIN CERTIFICATE REQUEST-----
      Sampai dengan baris akhir yaitu
-----END CERTIFICATE REQUEST-------

Maka CSR teserbut dapat Sobat salin pada isian atau dapat dikirimkan kepada pihak tempat dimana Sobat melakukan pemesanan layanan SSL untuk domain Sobat, Pastikan sobat salin semua isi file CSR tersebut dari mulai BEGIN CERTIFICATE REQUEST sampai dengan END CERTIFICATE REQUEST.

Demikianlah panduan cara generate CSR pada server tanpa menggunakan panel.

Semoga membantu.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.