Panduan Antivirus Pada cPanel

Oct 28, 2022
Hosting Murah

Domain .id 250.000 IDR/tahun

Ketika berlangganan layanan hosting kebanyakan pelanggan akan mempertanyakan bagaimana sewaktu-waktu terjadi isi konten website disusupi oleh malware atau adanya virus pada hostingnya, namun tidak perlu khawatir karena saat ini cPanel menyediakan fitur antivirus / malware scanner menggunakan ClamAV atau opsi lain yang bisa menjadi pilihan yaitu menggunakan ImunifyAV.

BACA JUGA : Menambahkan DMARC di cPanel

  • ClamAV

ClamAV ini Berfungsi untuk mendeteksi bermacam-macam virus, Trojan, Malware, dan ancaman lain yang dapat mengganggu performa serta keamanan website Sobat.


fitur ini secara otomatis ada pada cpanel hosting sobat yang siap digunakan. Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut :

Didalam cpanel sobat silahkan akses ke menu : Advanced > Virus Scanner

Ada beberapa pilihan yang bisa sobat coba gunakan, berikut ini adalah beberapa pilihan ketika sobat sudah berada di ClamAv / Virus Scannernya :

  1. Berfungsi untuk mendeteksi bermacam-macam virus, Trojan, Malware, dan ancaman lain yang dapat mengganggu performa serta keamanan website Sobat.
  2. Scan Entire Home Directory: Gunakan fitur ini apabila sobat ingin melakukan scanning virus pada tiap file dalam akun hostingnya.
  3. Scan Public FTP Space: Scanning virus akan menyasar pada direktori public_ftp akun sobat guna mencari file yang telah terinfeksi.

Silakan tunggu hingga proses scanning selesai, Durasinya bergantung pada jumlah file yang ada didalam hostingnya sampai dengan proses pemindaian selesai dan akan memunculkan pemberitahuan pada layar dengan keterangan : Virus Scan Complete.

  • ImunifyAV

ImunifyAV adalah sebuah produk yang dikeluarkan oleh CloudLinux yang mungkin bisa menjadi salah satu cara mengatasi ketika adanya malware script yang ada di website atau server sobat.

Dikarenakan ImunifyAV ini sifatnya FREE atau gratis, maka fitur yang ada tidak seperti fitur berbayar. Pada ImunifyAV ini kita bisa melakukan scanning pada website secara manual (tidak ada auto schedule), Kemudian untuk penanganan file yang teridentifikasi sebagai malware, harus di action secara manual. Sedangkan versi berbayar (ImunifyAV+ atau Imunify360) terdapat fitur schedule scan setiap hari dan menghapus malware otomatis.

Sobat dapat menggunakan fitur imunifyAV didalam cPanel pada menu Security > ImunifyAV

Didalam ImunifyAV ini sangat terbatas karena sobat hanya dapat melihat atau melakukan pengecekan dengan pilihan yang ditampilkan yaitu Malicious dan history, Apabila didalam hosting terdapat malware atau virus maka akan menampilkan keterangan rincian malware / virus beserta rincian file / folder apa yang terindikasi adanya malware / virus.

Penutup

Penggunaan antivirus pada cPanel ini pada dasarnya berbeda-beda tergantung dari kebijakan masing-masing pihak hosting yang memberikan fitur ClamAV ataupun ImunifyAV, karena dari sisi user hanya cukup mempergunakan dan memanfaatkan sebaik-baiknya dengan adanya fitur antivirus ini.

Demikian informasi beserta tutorial singkat ini mengenai Antivirus pada cPanel, Semoga bermanfaat.

0 Comments