Archive

DirectAdmin – Cara Setting Email Forwarders

Hallo Sobat Ant,

Kamu punya akun email berapa ? Yakin dong lebih dari 1 ? Biasanya, ada pembagian email khusus media sosial, email pribadi dan email kerjaan. Nah, kadang kita jadi malas untuk cek email tersebut satu-persatu. Maka dari itu penyedia Mail Server termasuk control panel hosting menyediakan fitur yang disebut Email Forwarders. Dimana email yang diterima oleh akun email A bisa kita kirimkan otomatis ke akun email B sebagai salinan.

Di DirectAdmin control panel, cara setting Email Forwarders ini cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Silahkan login ke DirectAdmin control panel kamu.
  2. Di bagian Email pilih menu Forwarders.
  3. Selanjutnya di halaman Email Forwarders, klik menu Create New E-Mail Forwarders.
  4. Isikan Email Hosting kamu di bagian Forwarder Name. Lalu email tujuan diisikan di Destination Email. 
  5. Untuk email tujuan/Destination Email bisa lebih dari satu. Penulisannya cukup dipisah dengan tanda koma ( , ).
  6. Klik Create dan tunggu sistem untuk memprosesnya hingga layar berikutnya menampilkan notifikasi berhasil atau tidaknya proses setting email forwarders tersebut.

 

DirectAdmin – Cara Pasang Free SSL dari Let’s Encrypt

Hallo Sobat,

Pernah gak kamu akses sebuah website ada tanda di samping kiri nama domainnya ?  Atau jangan-jangan website kamu juga seperti itu ? Nah, itu tandanya website tersebut bisa dikatakan tidak/kurang aman. Dan tentu saja bisa menurunkan ‘image’ website tersebut saat ada yang mengunjunginya.

Bagaimana cara menghilangkannya? Simple! Cukup install aja SSL di hosting kamu. Belum tahu apa itu SSL ? Simak penjelasannya di laman ini : SSL dan Tipe-tipe SSL .

Sekarang kami akan menjelaskan langkah-langkah untuk installasi free SSL dari Let’s Encrypt di DirectAdmin control panel. Simak ya Sobat!

  1. Silahkan login ke panel DirectAdmin
  2. Pilih menu SSL Certificates di bagian menu Advanced.
  3. Di halaman SSL Certificates, pilih option Free & automatic certificate from Let’s Encrypt . Ceklist di domain dan subdomain yang ada di domain yang kamu inginkan. Lalu klik Save.
  4. Tunggu prosesnya selesai dan jika sukses maka halaman berikutnya akan menampilkan log installasi SSL tersebut. Di bagian bawah akan ada keterangannya.
  5. Jika anda kembali ke halaman SSL Certificates maka dibagian bawah akan tertera SSL Certificate yang kamu miliki beserta informasi hari kadaluwarsanya juga option untuk enable atau disable auto renew.
  6. Selesa deh installasinya. Coba akses kembali domain kamu, maka tulisan akan digantikan dengan icon gembok terkunci yang artinya website kamu aman.

 

Gimana? Sudah lega dong sekarang website-nya aman?

 

DirectAdmin – Tutorial membuat subdomain

Hallo Sobat Ant,

Untuk kali ini kami akan memberikan tutorial untuk membuat/menambahkan subdomain di DirectAdmin control panel. Berikut langkah-langkahnya :

  • Silahkan login ke panel DirectAdmin anda.
  • Pilih menu Subdomain Management yang berada di bagian Tools atau di Quick Menu.
  • Selanjutnya anda akan dialihkan ke halaman Manage Sub-Domains dimana anda akan melihat semua list subdomain yang dimiliki.
  • Silahkan diisi textbox Add Sub-Domain di bagian bawah lalu klik Create.
  • Subdomain yang anda buat akan langsung tampil di list subdomain dan sudah bisa digunakan.

Selamat mencoba !

Jika anda masih kesulitan silahkan hubungi kami.

Support Antmediahost

DirectAdmin – How To – Addon Domain

Hallo Sobat Ant,

Kali ini kita kasih tahu ni tutorial untuk menambahkan domain (Addon Domain) di hosting DirectAdmin. Simak ya!

  1. Silahkan login ke panel DirectAdmin dengan url yang sudah diinformasikan.
  2. Pilih menu Domain Setup yang ada di dalam tab menu Account Manager.
  3. Anda akan masuk ke halaman Domain Management yang berisi list domain yang sudah anda miliki. 
  4. Klik tombol Add New untuk menambahkan domain lain. Masukkan nama domain baru anda dan sesuaikan limit bandwith dan disk usage yang anda inginkan. Lalu klik Create.
  5. Proses Add-on Domain sudah selesai. Anda akan diarahkan kembali ke list domain yang anda miliki. Domain yang baru saja anda tambahkan sudah ada di list tersebut.

Nah, gimana? Mudah banget bukan ?

Klo masih bingung juga, jangan sungkan kontak saja support antmediahost.com.

 

Cara Simpel Redirect HTTP ke HTTPS

Hallo Sobat Ant,

Ada info terbaru yang menarik nih dari cpanel. Yaitu adanya fitur Force HTTS Redirect. Sebuah fitur yang secara mudah membantu website kita secara otomatis redirect ke HTTS. Pentingkah Https ini ?

Browser terkini terutama Google Chrome menampilkan sebuat fitur yang menjadi salah satu tanda sebuah website itu aman atau tidak. Ketika kita mengakses sebuah domain, di samping nama domain tersebut akan tertera keterangan “Not Secure” atau “Secure” (Sekarang hanya diberi tanda gembok terkunci).

Tentu secara label “keamanan” ini pun cukup berdampak bagi keinginan orang untuk terus mengakses domain kita yang secara teknis bukan sembarang label, akan tetapi sebagai pertanda bahwa protokol domain tersebut sudah terlindungi oleh SSL atau tidak. Untuk lebih jelasnya mengenai SSL silahkan dapat di baca DISINI.

Bagi anda yang sudah meng-install SSL untuk domain anda atau menggunakan cpanel yang memang sudah menyediakan Free SSL akan tetapi ketika domain anda diakses tidak otomatis redirect ke HTTPS, berikut kami informasikan mengenai Cara Simpel Redirect HTTP ke HTTPS.

  1. Akses domain anda, jika belum otomatis redirect maka tampilan akan seperti ini :
  2. Masuk ke cpanel domain anda dan cari menu Domain.
  3. Di halaman berikutnya akan ditampilkan domain yang anda miliki.
  4. Cukup klik toggle-switch menjadi ON di bagian Force HTTPS Redirect.
  5. Tunggu beberapa menit dan silahkan akses kembali domain anda. Maka domain anda akan redirect ke protokol HTTPS dan diberi tanda “Gembok terkunci”.

Cukup mudah bukan?

Jika anda tidak menemukan menu Domain seperti di tutorial diatas, cpanel anda memerlukan upgrade ke versi 8. Tapi, jangan khawatir ada cara lain untuk redirect ke HTTPS selain cara diatas. Silahkan disimak DISINI.

Promo MURAH Domain Web.id Desember 2018

Hallo Sobat Ant,

Masih sumringah dengan Promo Hosting Akhir Tahun 50% ? Nih, kita tambahin lagi Promo MURAH Domain web.id. spesial menyambut akhir tahun 2018.

HANYA dengan Rp.10.000 kalian bisa dapetin tuh domain dengan ekstension kebanggaan negeri kita.

Simak syarat dan ketentuannya :

  1. Hanya untuk domain web.id
  2. Promo berlaku untuk New Order dan untuk 1 tahun pertama
  3. Berlaku dari tanggal 1 – 30 Desember 2018.
  4. Gunakan kode promo : WEBID

Nah, itu aja syaratnya. Gak banyak-banyak. Sok atuh, segera di order domainnya. Kunjungi www.antmediahost.com . Jangan lupa kabarin teman-temannya. Berbagi kabar bahagia itu menyenangkan!

Cara Setting Email Account di Microsoft Outlook

Hallo Sobat Ant,

Bagi sebagian orang sedikit malas untuk buka email via webmail dengan berbagai alasan. Nah, kali ini kami akan memberikan tutorial cara setting email account kita di Microsoft Outlook yang biasa sudah include di paket Microsoft Office yang kalian install.

Dalam tutorial ini digunakan Microsoft Outlook 2010. Kita akan bahas 2 metode yaitu Automatic dan Manual konfigurasi. Juga akan dijelaskan perbedaan konfigurasi untuk protokol IMAP dan POP3. Bagi yang belum tahu perbedaan antara IMAP dan POP3 bisa dilihat DISINI.

Oke, mari kita simak berikut tutorial lengkapnya :

  1. Silahkan email anda via webmail yang biasanya dapat diakses di namadomain/webmail .
  2. Di bagian pojok kanan atas disamping “Logout”, klik dropdown-nya dan pilih “Configure Mail Client”. 
  3. Akan ditampilkan informasi detail untuk konfigurasi email untuk aplikasi/software mail client. Disana akan terlihat juga beberapa versi aplikasi mail client yang bisa menggunakan Automatic Configuration

Untuk Microsoft Outlook 2010 akan dijelaskan untuk Automatic Configuration dan Manual Configuration.

Automatic Configuration

  1. Jika anda baru saja membuka Microsoft Outlook 2010 makan akan ada tampilan “Startup”. Klik next saja dan tampilan berikutnya berupa konfirmasi konfigurasi email account. Pilih Yes dan klik Next.
  2. Tampilan berikutnya adalah untuk memilih antara Automatic Configuration dan Manual Configuration. Pilih E-mail Account dan isikan informasinya. Jika sudah, klik Next
  3. Jika aplikasi mail client kita memang support Automatic Configuration maka akan muncul informasi bahwa konfigurasi berhasil dan biasanya otomatis menggunakan protokol IMAP. Klik Finish dan langkah Automatic Configuration cukup sampai disini. Email anda sudah bisa anda gunakan. 

Manual Configuration

  1. Pada bagian Add New Account pilih “Manually Configure … “. Klik Next
  2. Pada tampilan “Choose Service” pilih Internet E-mail, klik Next. Pada halaman berikutnya isikan informasi setting email account sesuai dengan yang kita dapatkan di informasi Configure Mail Client di webmail seperti yang sudah dijelaskan dibagian awal tutorial ini. Disini juga anda tentukan akan menggunakan protokol IMAP atau POP3.
  3. Setelah terisi dengan benar, jika anda menggunakan Non-SSL setting langsung saja klik Test Account Settings. Jika kedua test dinyatakan Completed dan tidak ada error itu berarti konfigurasi email anda telah berhasil. Klik Finish untuk menyelesaikannya.
  4. Jika anda menggunakan SSL setting maka klik More Settings.  Di bagian Outgoing Server ceklist My outgoing server (SMTP) requires authentication dan pilih pilihan yang pertama.
  5. Selanjutnya klik tab Advanced. Ceklist pilihan SSl di incoming dan outgoing (SMTP). Tuliskan port sesuai dengan informasi di webmail. Jika anda menggunakan protokol POP3 maka dibagian bawah bisa ditentukan mengenai status email di server. Jika sudah selesai, Klik OK.
  6. Klik Test Account Settings. Jika kedua test dinyatakan Completed dan tidak ada error itu berarti konfigurasi email anda telah berhasil. Klik Finish untuk menyelesaikannya.

Demikian tutorial Setting Email Account di Microsoft Outlook. Belum tau cara buat Email Account di Cpanel? Ikutin tutorial cara membuatnya DISINI.

Semoga apa yang sudah dijelaskan diatas dapat dipahami dengan baik. Jika ada hal yang perlu ditanyakan silahkan hubungi Teknikal Support kami.

Salam,

Antmediahost

 

Perbedaan POP3 dan IMAP

Hallo sobat Ant,

Ada saatnya untuk kenyamanan dan sebagainya kita ingin mengakses email kita menggunakan software mail client seperti Ms. Outlook atau Thunderbird. Nah, ketika akan melakukan setting email kita di mail client tersebut biasanya ada pilihan type account atau type protocol emailnya antara POP3 dan IMAP.

Bingung ? Apa perbedaan keduanya ? Simak penjelelasan berikut ya!

Secara garis besar perbedaan dari keduanya yaitu POP3 (Post Office Protocol version 3) merupakan protokol email yang digunakan untuk mendownload isi email dari server, sehingga untuk membaca isi email harus didownload terlebih dahulu ke email client. Sedangkan IMAP (Internet Message Access Protocol) merupakan protokol standar untuk mengakses email dari server, sehingga untuk membaca email, harus terhubung (online) pada jaringan internet.

Masih bingung ? Detail perbedaannya adalah berikut :

POP 3 :

  • Semua data email disimpan di email client, sehingga bisa dibaca sewaktu-waktu bahkan ketika offline.
  • Ada pilihan untuk tetap menyimpan isi email di server atau langsung menghapus email diserver ketika selesai didownload, atau menghapus email setelah beberapa waktu.
  • Ketika memilih tetap menyimpan isi email di server, pada saat menghapus email di email client, maka tidak berpengaruh dengan data email di server, begitu pula sebaliknya.
  • Outgoing email (email terkirim) hanya tersimpan di email client saja, tidak tersimpan di server.

IMAP :

  • Data email masih tersimpan di server sehingga tidak perlu mendownload semua email.
  • Email yang didownload hanya email yang akan dibaca saja.
  • Email client melakukan sinkron data ke server, seperti menghapus email di email client juga akan menghapus email di server, begitu juga sebaliknya.
  • Sangat mudah dalam mengidentifikasi Email yang belum terbaca.
  • Membutuhkan space email yang cukup besar, karena semua data email disimpan di server.

Nah, itu dia perbedaan antara protokol POP3 dan IMAP. Jadi, sebelum menentukan akan menggunakan yang mana harus dipertimbangkan hal-hal diatas.

Sudah bisa cara setting email di mail client ? Coba simak cara setting email di Ms. Outlook disini.

Salam,

Antmediahost

Mudahnya Migrasi Data Hosting ke Antmediahost

Hallo Sobat Ant,

Bagi kalian yang sudah terlanjur mempunyai mempunyai hosting di tempat lain tapi sangat tertarik dengan produk Antmediahost dan ingin datanya dipindah semua ke Antmediahost, Don’t Worry ! Kami akan senantiasa membantu untuk migrasi datanya tersebut.

Berikut adalah cara praktis bagai anda yang ingin migrasi data hosting ke AntMediaHost :

1. Pastikan Domain dan Hosting di provider lama statusnya aktif ya.

2. Silahkan lakukan pemesanan hosting sesuai kapasitas yang diinginkan. Minimal dengan kapasitas yang bisa menampung data yang sudah ada

3. Pada halaman “Choose a Domain” Nama Domain utama harus sama dengan Nama Domain Hosting di provider lama. Pilihan yang bisa anda ambil adalah

  • Transfer your domain from another registrar. Ini dipilih jika domainnya pun ingin dipindahkan ke Antmediahost. Untuk tahapan dan ketentuan transfer domain bisa dibaca DISINI.
  • I will use my existing domain and update my nameservers. Ini dipilih jika tanpa memindahkan domain. Catatan : Nanti diperlukan update nameserver untuk domainnya agar mengarah ke server di Antmediahost.

4. Jika pemesanan hosting sudah dibuat, silahkan lakukan pembayaran sesuai dengan invoice yang sudah kami kirimkan agar hosting dapat secepatnya diaktivasi.

5. Setelah hosting baru anda di Antmediahost sudah aktif, silahkan hubungi teknikal support kami melalui Live Chat atau dengan membuat Support Ticket. Sampaikan permohonan untuk Migrasi Data Hosting dan informasikan username dan password cpanel di provider lama.

6. PENTING! Semua data (termasuk email & DNS) akan terpindah seluruhnya jika Hosting sebelumnya menggunakan cPanel. Namun, jika menggunakan sPanel/panel admin lainnya, maka email dan DNS tidak ikut terpindah.

Nah, sampai disini tugas anda sudah selesai. Team teknikal support kami akan membantu anda untuk proses Migrasi Data Hostingnya ke Antmediahost. Mudah, bukan?

Salam,

Team Antmediahost

Need help? Chat via Whatsapp