Cara Penggunaan Git di Plesk Panel

Hallo Sobat Ant, kali ini kita akan bahas cara penggunaan Git di Plesk panel. Bagi kalian yang belum mempunyai hosting dengan Plesk panel boleh mampir disini.

Bagi yang berkecimpung di dunia development website atau aplikasi pastinya sudah tau dong apa itu Git ? Git merupakan sebuah tool untuk mengkloning repository atau penyimpanan dari suatu URL ataupun dari lokal repository PC ke dalam hosting.

Nah, Plesk panel sebagai panel kekinian tentu saja sudah mendukung hal tersebut. Simak tutorialnya ya , Sob!

  1. Login ke Plesk Panel kalian

     

  2. Pilih menu Website & Domains

    Pilih menu Website & Domains di sidebar lalu pilih domain kalian yang diinginkan. Pilih Git.git di Plesk

  3. Add Git Repository

    Kalian akan beralih ke halaman Add Git Repository. Terdapat dua pilihan sumber repository yaitu Remote Git hosting dan Local repository. Add Git Repository

  4. Remote Git Hosting

    Jika repository kalian berupa Git hosting seperti Github atau BitBucket pilih Remote Git Hosting. Setelah itu masukkan url repository kamu di isian dibawahnya.url github

  5. Local Repository

    Pilih Local Repository jika repository Git kalian berada di PC lalu masukkan nama repository dengan ekstenstion .git.local repository

  6. Tentukan Mode Deploy dan Direktori tujuan

    Di sebelah kanan bagian “Your Website”, tentukan mode deploy. Klik Automatically Deployed. Terdapat 3 pilihan yaitu : Automatic Deployment, Manual Deployment dan No Deployment (repository hosting). Pilih salah satu lalu klik OK. Direktori secara default mengarah ke /httpdocs/ sebagai direktori utama hosting di Plesk. Ubah jika diperlukan.

  7. Cloning Process

    Setelah mode deployment dan direktory sudah disesuaikan. Klik OK, maka Plesk akan memulai proses kloning dari repository yang sudah ditentukan. Jika proses kloning sudah selesai akan ada keterangan Done.

  8. Pull Updates

    Untuk melakukan update manual di repository yang diinginkan klik Pull Updates. Pull Update

Cukup mudah dan simpel kan cara penggunaan Git di Plesk panel ini ? So, sekali lagi bagi yang belum punya hosting Plesk panel bisa dilihat paket menarik Plesk Hosting kami DI SINI.

Semoga bermanfaat ya! Tunggu tutorial dan info lainnya dari kami ya!