Cara Menginstal Laravel Pulse

by | Dec 4, 2023

Cara Menginstal Laravel Pulse

Hallo sobat antmediahost, kali saya akan membagikan hal baru dari laravel yaitu “Laravel Pulse”. Laravel pulse ini merupakan produk terbaru dari laravel yang baru di keluarkan pada bulan Desember 2023, berdasarkan laman resminya laravel pulse adalah alat pemantau kinerja aplikasi secara realtime untuk aplikasi laravel. untuk lebih lengkapnya mari berkenalan dengan Laravel Pulse, sebelum kita mulai menggunakannya.

Apa itu Laravel Pulse

Jika melihat pada laman resminya di pulse.laravel.com atau di Laravel pulse

Laravel Pulse delivers at-a-glance insights into your application’s performance and usage. With Pulse, you can track down bottlenecks like slow jobs and endpoints, find your most active users, and more.

https://laravel.com/docs/10.x/pulse

Laravel pulse merupakan sebuah tools yang memberikan informasi terkait kinerja dan penggunaan aplikasi laravel, melalui laravel pulse anda dapat memantau query yang berjalan di aplikasi, user mana yang paling banyak melakukan query, serta query-query mana berjalan lambat hingga anda dapat memantau endpoint di aplikasi anda.

Fitur Laravel Pulse

Dengan selogannya "Free , Open Source and ready for extension." Laravel pulse memberikan beberapa fitur keren yang sangat membantu dalam memonitoring kenerja aplikasi diantaranya:

1. Penggunaan Aplikasi

Dalam laravel pulse anda dapat memonitoring pengguna mana saja yang melakukan request endpoint paling sering, serta request terhadap endpoint lambat.

2. Statistik Server

Anda dapat melakukan pemantauan terhadap pengguanaan CPU, memori dan disk server anda. tidak hanya satu server laravel pulse juga dapat memonitoring semua server anda dalam satu tempat.

3. Memonitoring Queue

Anda dapat melihat statistik real-time dan historis mengenai berapa banyak pekerjaan yang tertunda, berapa banyak yang gagal, dan berapa banyak yang berhasil di proses.

Baca Juga:  Akses VPS Console Menggunakan Java

4. Kinerja

anda dapat melihat statistik mengenai hambatan kinerja aplikasi anda, melihat endpoint,queries, jobs dan ongoing request yang dapat mempengaruhi pengguna.

5. Exceptions

Anda dapat melakukan pemantauan terkait Exception yang terjadi di aplikasi anda. pemantauan ini dapat membantu anda dalam mengetahui kesehatan aplikasi.

6. Custom Sesuai Selera

laravel pulse memungkinkan anda untuk mengkustom tampilan sehingga anda dapat membuat dashboard monitoring yang sesuai dengan kebutuhan anda

Cara instal Laravel Pulse

Bagaimana? luarbiasa bukan laravel pulse ini, sekarang waktunya anda mencoba menginstal laravel pulse di aplikasi laravel anda untuk kemudahan monitoring.

Untuk melakukan penginstalan laravel pulse sebagai berikut.

1. Penyesuaian file composer.json (untuk beta version)

Karena Pulse saat ini masih dalam versi beta, Anda mungkin perlu menyesuaikan file aplikasi Anda composer.json agar rilis paket beta dapat diinstal:

"minimum-stability": "beta",
"prefer-stable": true

2. Menginstal Laravel Pulse

setelah itu anda dapat menggunakan composer untuk menginstal laravel pulse ke dalam proyek laravel anda:

composer require laravel/pulse

3. Migrate database

Selanjutnya, anda harus menjalankan perintah migrate untuk membuat tabel yang di perlukan oleh laravel Pulse

php artisan migrate

4. Test aplikasi

Setelah menjalankan perintah migrate Selanjutnya anda dapat melakukan pengetesan aplikasi untuk mengetahui apakah laravel pulse sudah berjalan atau belum:

php artisan serve

kemudian anda dapat mengecek aplikasi di url https://localhost:8000/pulse

Langkah diatas merupakan proses penginstalan laravel pulse, untuk proses kustomisasi laravel pulse silahkan kunjungi domentasi lengkap laravel pulse

Maulana Sopian
Maulana Sopian

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *