Cara Install LAMP stack di Centos 7 (part I)

Cara Install LAMP stack di Centos 7 (part I)

Halo Sobat Ant,

Pada tutorial kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menginstall LAMP pada Centos 7.
Untuk kalangan sistem administrator tentunya sudah paham apa itu LAMP, namun untuk yang masih awam mungkin belum familiar atau belum tahu apa yang dimaksudkan dengan LAMP.

Untuk LAMP sendiri dibutuhkan apabila anda ingin membuat web server sebagai tempat penyimpanan website, maka yang harus dilakukan perama kali adalah menginstall LAMP ini, karena didalamnya terdapat Apache, MySQL (MariaDB) dan tentunya PHP. Secara garis besar LAMP ini adalah Linux, Apache, MySQL dan PHP.

Kami akan menjelaskan tahap pertama pada proses installasi LAMP nya yaitu : Menginstall Apache

Sejak dirilis pada tahun 1995, Apache menjadi software server HTTP yang paling populer dan paling lama digunakan. Proyek Apache dikelola oleh komunitas open source Apache Software Foundation, artinya Apache adalah software gratis tanpa biaya apapun. Kita bisa install Apache dengan mudah, apalagi secara default Apache sudah memiliki repository software CentOS.

Hal penting yg harus dipersiapkan adalah Akses root SSH ke server (Menggunakan VPS / DS tentunya) dan silahkan anda jalankan perintah berikut ini di terminal apabila sudah masuk/login kedalam server :

–  yum install httpd -y

 

Setelah proses instalasi selesai silahan dicoba jalankan service apache dengan perintah :

 – systemctl start httpd

Apabila sudah dijalankan service apache nya, silahkan dicoba lakukan pengecekan status apache berjalan atau tidak menggunakan perintah

– systemctl status httpd

 

Dan yang terakhir dicoba akses alamat ip server anda di browser untuk memastikan apakah apache tersebut sudah berjalan.

http://Masukan_IP_Anda_Disini

 

 

Sekian tutorial installasi LAMP di Centos 7 pada bagian install Apache, akan kami lanjutkan part 2 di tutorial selanjutnya untuk installasi MySQL (MariaDB).

Semoga bermanfaat 🙂

Click to rate this post!
[Total: 2 Average: 5]
Tags: , , , ,
Need help? Chat via Whatsapp