Cara Backup Database MySQL di AlmaLinux

Apr 24, 2022

Domain .id 250.000 IDR/tahun

Hallo Sobat Ant, backup sebuah data merupakan salah satu hal penting dalam mengelola server yang kita miliki. Kerusakan ataupun hilangnya data akibat error di sisi sistem maupun adanya unsur kecerobohan kita bisa sangat fatal ketika kita tidak mempunyai data backup. Untuk itu kali ini kita akan mempelajari Cara Backup Database MySQL di AlmaLinux atau Linux OS yang lainnya.

Baca Juga : Cara Install Almalinux

Jika kita menggunakan control panel atau PHPMyAdmin, kita bisa melakukan backup database dengan menggunakan fitur yang disediakan. Namun, jika tidak ada, kita bisa melakukan backup database menggunakan command/perintah yang sudah disiapkan oleh MySQL yaitu mysqldump .

Perintah dasarnya adalah sebagai berikut :

mysqldump [OPTIONS] namadatabase > databasebackup.sql

Catatan : Perintah mysqldump diikuti opsi yang tersedia dan diperlukan diikuti oleh nama database yang akan kita backup lalu akan disimpan menjadi databasebackup.sql. Tujuan atau hasil backup bisa berupa fullpath jika kita melakukan perintah mysqldump tidak di path yang diinginkan. Contoh : /backup/dbbackup.sql. Untuk list opsi perintah yang disediakan bisa dilihat menggunakan opsi --help.

Backup Data dan Skema

Buka terminal dan ketik perintah seperti berikut :

mysqldump -u username -p namadatabase > databasebackup.sql

Catatan : Untuk melakukan backup database kita perlu mengetahui username dan password yang memiliki akses terhadap database yang akan kita backup. Maka dari itu opsi -u diikuti nama username dan opsi -p wajib disertakan, dimana password akan diminta ketika kita menjalankan perintah diatas. Namun, jika kita menggunakan user root dan sudah menyimpan konfigurasi passwordnya maka opsi -p bisa dihilangkan. Contoh :

mysqldump -u root namadatabase > databasebackup.sql

Backup Skema Only

Jika yang diingikan hanya backup struktur databasenya saja kita bisa menambahkan opsi -d atau --no-data. Contoh :

mysqldump -u root namadatabase --no-data > databasebackup.sql

Backup Database Massal

Jika kita akan melakukan backup database lebih dari 1, maka tambahkan opsi --databases diikuti nama-nama database yang akan dibackup. Contoh :

mysqldump -u root --databases database1 database2 database3 > databasebackup.sql

Atau, jika ingin melakukan backup semua database yang ada di dalam server, maka tambahkan opsi --all-databases. Contoh :

mysqldump -u root --all-databases > alldatabasebackup.sql

Nah, itu dia Sobat, Cara Backup Database MySQL di AlmaLinux atau Linux OS yang lainnya.

Lalu, bagaimana jika kita ingin melakukan backup database tersebut otomatis setiap hari? Tunggu tutorial selanjutnya ya!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.