Akses Remote Console Server IPMIView

Oct 7, 2022
Hosting Murah

Domain .id 250.000 IDR/tahun

Haloo Sob .. Melanjutkan dari tutorial mengenai Akses Remote Console Server Menggunakan iLO.

Selanjutnya kami akan memberikan cara atau panduan penggunaan Akses remote console server pada Supermicro menggunakan 2 opsi yaitu akses IPMI menggunakan browser dan juga menggunakan IPMItool / IPMIView.

Tanpa basa basi dan lama-lama, mari disimak Sob!

BACA JUGA : Cara Mengaktifkan Plugin WordPress LiteSpeed Cache

Hal yang perlu diperhatikan untuk dapat mengakses antarmuka IPMI :

  1. Koneksi VPN ke jaringan IPMI – Hal pertama dan terpenting adalah agar Sobat dapat terhubung ke koneksi VPN dimana IPMI berada.
  2. IPMI terhubung ke port terpisah. Maka hal terpenting adalah Sobat harus memiliki alamat IP dari perangkat IPMI. Selain itu, pengguna juga harus memperhatikan ketika pada saat membuat atau mengganti username bersama dengan kata sandi akses IPMI pada konfigurasi BIOS di server.

IPMI Supermicro menggunakan browser

Sama halnya dengan IPMI pada server HP menggunakan iLO, IPMI pada server Supermicro juga dapat berfungsi melakukan berbagai tugas di server seperti mengakses hardware, monitoring, booting, mematikan atau bahkan untuk sekedar melakukan pengecekan log server.

Sebelum sobat dapat mengakses IPMI Supermicro menggunakan browser ini, Sobat pastikan terlebih dahulu IP Address untuk IPMI ini ketika berada pada BIOS Server karena port ethernet sendiri dan untuk IP Address iLO tidak sama dengan IP Address server yang terinstal di dalam Server.

Untuk dapat menggunakan IPMI Supermicro pada browser langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Akses pada browser (Disini kami menggunakan Firefox) lalu masukan IP Address IPMI Supermicro yang sudah Sobat tentukan pada konfigurasi server, sehingga tertampil tampilan seperti berikut :
  • Masukan Username dan Password yang sudah sobat tentukan pada konfigurasi server sama seperti ketika menentukan IP Address penggunaan IPMI Suprmicro ini :
  • Ketika sudah berada pada IPMI Supermicro disana terdapat beberapa pilihan yang bisa sobat gunakan, salah satu diantaranya adalah Remote Control. Di dalam Remote Control tersebut sobat bisa melakukan console ke dalam server dengan mengakses Console Redirection :
  • Pemantauan Perangkat Keras

Sobat dapat memantau setiap bagian perangkat keras kecil pada menu Server Health > Sensor Reading. Dari status kipas ke kecepatan kipas, suhu dan status CPU, status power supply setiap aspek perangkat keras server dan juga memantau log server sesuai kategori log yang bisa sobat cek dan pilih pada Event Log.

Fitur dan menu lainnya pada IPMI Supermicro ini yaitu pada Configuration, dimana didalamnya terdapat berbagai fitur salah satu contohnya adalah sobat bisa menambahkan atau menghapus user yang dapat mengakses IPMI Supermicro ini dan sekaligus memberikan hak akses terhadap user yang sudah ditambahkan :

IPMI Supermicro menggunakan IPMIView / IPMItool

Sama hal nya seperti akses IPMI Supermicro menggunakan browser, akses menggunakan IPMIView ini berfungsi sebagai remote management server.

Langkah pertama agar Sobat bisa menggunakan atau mengakses IPMIView ini silahkan unduh terlebih dahulu IPMIView pada tautan berikut IPMIView Download

  • Setelah Sobat selesai mengunduh IPMIView, silahkan akses IPMIView tersebut. Berikut adalah tampilan akses IPMIView :
  • Kemudian untuk dapat masuk kedalam IPMIView sobat pilih Add a new system > akan muncul pop up isian System Name (diisikan nama server atau hostname server), IP Address (diisikan IP Address IPMI Supermico) dan Description (sifatnya opsional bisa diisikan hostname atau deskripsi detail server) :
  • Lalu setelah selesai maka terdapat deskripsi pada IPMI Domain, silahkan di klik pilihan deskripsinya tersebut dimana akan muncul isian untuk Login ID serta Password, silahkan isikan ID dan password sama seperti akses IPMI Supermicro pada browser :

Selesai dengan proses tersebut terdapat keterangan status CONNECTED apabila sobat berhasil terkoneksi ke IPMIView, untuk fitur dan menu IPMIView bisa sobat cek pada kolom pilihan pada kolom baris bawah mulai dari Event Log, Sensors, IPMI Device, BMC Setting, User, Text Console dan KVM Console.

Salah satu contoh Fitur kami contohkan adalah KVM Console, bisa sobat klik menu tersebut kemudian nantinya terdapat keterangan “Press the button to launch the redirection console and manage the server remotely” > Current KVM interface > Java plug-in > Launch KVM Console maka setelah itu akan ada popup Jawab iKVM Viewer :

Didalam console tersebut sobat misalkan akan melakukan Reload OS, langkahnya adalah sebagai berikut :

1.Dipilih Virtual Media :

2.Virtual Storage

3.Logical Drive Type dan dipilih IMA/IMG File

4.Setelah dipilih opsi diatas akan diarahkan kepada path folder dimana sobat menyimpan file OS sesuai pilihan OS yang akan diinstall pada server

5.Klik OK dan silahkan sobat tunggu sampai dengan proses Reload OS / Installasi ulang OS pada server selesai.

Secara umum Remote Console Server Menggunakan IPMIView ini sangat user friendly dan mudah dalam penggunaanya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Nantikan lanjutan pembahasan terakhir Akses Remote Console Server berikutnya 🙂

0 Comments